Workshop Keroncong untuk Siswa-Siswi SMKN 12 Surabaya

Hari Senin pagi, 6 Januari 2020, saya dihubungi Mbak Kiki, guru musik di SMK N 12, Surabaya. Beliau meminta agar saya dan teman-teman Kroncongan Agawe Santosa bersedia untuk memberikan apresiasi musik keroncong kepada siswa-siswi sekolah itu. Jadwalnya akan diadakan Kamis, 9 Januari. Jadi, kegiatan ini sangat mendadak.

Esok harinya kukumpulkan teman-teman yang bersedia gabung di kegiatan edukasi ini. Dan syukurlah hampir semua “master-master muda” menyanggupi. Lalu saya segera mencarikan tempat. Pilihan jatuh di Rumah Budaya Siliran, memang langganan di situ kalau kami bikin acara.

Tiba di hari H pelaksanaan kegiatan. Rombongan sekitar 60-an siswa-siswi itu datang dengan satu bus besar, dan beberapa guru menggunakan satu mobil khusus. Kami pun memulai kegiatan ini dengan riang gembira. Seluruh peserta mengapresiasi dengan sangat baik. Dijelaskan mulai dari sejarah, ciri-ciri musik keroncong, hingga ngejam bersama. Ya, bisa dibilang acara ini tidak membosankan.

Terimakasih kepada teman-teman berikut yang bersedia direpoti mendadak: Irvant Rizky, Puput Pramuditya, Novti, Wawan, Revi, Mas Dalbo, Reza, Mas Feri.

Kegiatan apresiasi seperti ini sangat penting. Bagi kami juga melatih untuk belajar menjelaskan mengenai musik keroncong kepada siswa-siswi muda-belia ini. Bagi mereka kegiatan ini bermanfaat untuk menambah wawasan teknis maupun seluk-beluk dunia keroncong.

Sukses untuk kalian semua! Semoga SMK N 12 makin maju!